Cara Merawat Laptop yang Baik agar Tahan Lama

Cara Merawat Laptop yang Baik agar Tahan Lama

           Memiliki laptop yang awet sampai bertahun-tahun tentunya bukan hanya keinginan saya seorang. Pasti anda juga sebagai pemilik laptop menginginkan hal yang sama bukan ? Sama seperti tubuh kita yang perlu dirawat, Laptop juga memerlukan perawatan agar dapat bertahan bertahun-tahun. Cara Merawat Laptop ini bisa diterapkan di segala jenis merk laptop seperti Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, HP, Dell dan lain-lain. Baiklah untuk lengkapnya silahkan perhatikan beberapa tips merawat laptop dibawah ini :

1. Jangan Menaruh Benda Berat di atas Laptop

Jangan Menaruh Beban Berat diatas LaptopHal seperti ini pernah terjadi pada laptop saya dan teman saya yang kebetulan ahli dalam hal ini mengatakan itu semua terjadi karena saya sering meletakan benda berat diatas LCD laptop saya.

Gunakan Selalu Baterai Laptop Anda2. Gunakan Selalu Baterai Laptop Anda

Menggunakan laptop tanpa baterai sangatlah beresiko. Jika saja tiba-tiba listrik dirumah kalian padam, maka itu akan membuat laptop anda langsung mati dan dapat berakibat pada komponen laptop anda.

3. Rutin Membersihkan Debu yang Hinggap di Laptop

Rutin Membersihkan Debu yang Hinggap di LaptopHal ini terdengar sepele, tapi ini merupakan tips yang sangat baik dalam merawat laptop. Debu yang menumpuk terutama pada bagian saluran pembuangan udara dapat menyebabkan kerusakan jika dibiarkan secara terus menerus. Tips bersihkan laptop secara berkala, Cobalah untuk membuat jadwal pembersihan sekali dalam seminggu.

4. Gunakan Cooling Pad jika Suhu Ruangan Terlalu Panas
Gunakan Cooling Pad
Bila suhu ruangan dirumah kalian terlalu panas dan kalian tetap berniat menggunakan laptop dalam jangka waktu yang cukup lama, Maka saya menyarankan menggunakan cooling pad. Cooling Pad terdiri dari beberapa kipas kecil ataupun ada yang bermodel hanya 1 kipas besar. Dengan menggunakan Cooling Pad akan memberikan sirkulasi udara yang baik untuk laptop kalian.

5. Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur !

Jangan Gunakan Laptop di Atas Kasur !Selain kasur jangan letakan laptop pada alas yang berbahan lembut pada saat menyala atau digunakan Karena pada saat laptop menyala ,laptop terus mengeluarkan hawa panas dari dalam keluar.

6. Letakan Laptop di Permukaan yang Datar Ketika Menyala

Jika saja kita meletakan laptop dalam keadaan miring, Bukan tidak mungking bila head dari harddisk menggores piringan tersebut. Efek dari hal tersebut adalah dengan munculnya banyak bagian bad sector pada harddisk hingga sampai kerusakan total.

7. Jangan Sampai Terkena Benda Cair !

Bila Laptop tidak sengaja terkena cairan pada bagian seperti keyboard, LCD segera bersihkan dengan lap agar tidak mengenai komponen lain. Jika laptop terkena cairan yang jumlahnya cukup banyak segera matikan laptop agar tidak terjadi konsleting di bagian komponennya lalu tunggu hingga kering.

Demikian Artikel Cara Merawat Laptop yang Baik agar Tahan Lama ,untuk tambahan silahkan gunakan AntiVirus agar keamanan data-data kalian terjamin. Semoga Bermanfaat :)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat Laptop yang Baik agar Tahan Lama"

Post a Comment